www.gemapesisir.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 06 Desember 2019
 
Danrem: Saya Langsung Telpon Pak Kapolda
Danrem, Kapolda & Kabinda Riau klarifikasi berita provokatif
Senin, 23-10-2017 - 09:29:34 WIB
KONFRENSI - Kiri - Kanan : Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang dan Kepala BIN Daerah Riau Marsma Rakhman Hariyadi | Istimewa

TERKAIT:
 
  • Danrem, Kapolda & Kabinda Riau klarifikasi berita provokatif
  •  

    PEKANBARU. GEMAPESISIR. com - Pemberitaan hoax yang menyinggung institusi TNI dari salah satu media online Riau, dinilai tidak objektif dan kredibel serta menabrak etika jurnalis. 

    Tulisan berjudul 'tentara boleh tidak ada, tapi polisi harus ada', dianggap sebagai berita yang provokatif tanpa adanya klarifikasi dari narasumber yang dituju.

    Hal itu disampaikan Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang saat menggelar klarifikasi di ruang Aula Tribrata Mapolda Riau, Minggu (22/10/2017) malam. 

    Klarifikasi yang menghadirkan langsung Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Edy Natar Nasution dan Kabinda Riau Marsma TNI Rakhman Haryadi ini, menanggapi langsung pemberitaan yang menjadi viral di media sosial tersebut.

    "Berita itu jelas tidak benar dan hoax tidak mendasar. Yang ditampilkan adalah berita saduran yang kronolgis alur beritanya terkesan diplintir oleh media tersebut," kata Nandang, kepada awak media.

    Akibat pemberitaan tersebut kata Nandang lagi, jelas berdampak negatif terhadap institusi Polri. Apalagi diketahui, ketidakjelasan informasi tersebut, membuat kalangan institusi TNI menjadi tanya tanya.

    "Statement saya di pemberitaan media online yang hoax itu, tidaklah benar seperti yang saya sampaikan itu. Kalau berita itu dianggap pembenaran, jelas itu adalah penilaian yang salah," tegas mantan Kapolda Sulewesi Barat ini meyakinkan.           

    Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Edi Natar Nasution mengungkapkan bahwa awalnya pihaknya sempat curiga dan tidak percaya begitu saja dengan pemberitaan itu. Berita yang ditampilkan dinilai memojokkan dan perlu diteliti dengan baik.

    "Saya tidak begitu yakin dengan info itu. Lalu saya telpon pak Kapolda saat itu juga, dan pak Kapolda bilang tidak ada pernyataan seperti itu disebutkan," ujar Brigjen TNI Edy Natar Nasution dalam konfrensi tersebut.  

    Menurut Edy, selama ini hubungan TNI dan Polri di Riau, dinilai cukup harmonis, baik mulai dari tingkat daerah hingga di pelosok daerah. 

    Disebutkannya lagi, sosok Irjen Nandang menjadi Kapolda Riau, sudah begitu dikenalnya. Menurutnya, ada kedekatan yang harmonis sejak sama-sama bertugas di institusi yang berbeda.

    Apalagi, dengan mantan Kapolda Riau sebelumnya Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang kini menjabat Kapolda Sumatera Selatan.

    "Saya dan Pak Zul sempat bareng bertugas di Sumsel, beliau dulu di Kapolres dan saya sebagai Dandim saat itu di Sumsel. Saya juga kenal betul dengan sosok pak Nandang ini," kenangnya.

    Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara Kabinda Riau, Marsma TNI Rakhman Haryadi menyebutkan bahwa dirinya mendengar langsung bagaimana pentingnya peranan media dalam menginformasikan kegiatan Polda Riau dan sekaligus memberikan kritik atau saran sebagai pengawas eksternal.  

    Kegiatan itu dilakukan dalam acara temu ramah tamah Kapolda Riau bersama unsur pimpinan media dan wartawan mitra Polda Riau yang digelar pada Kamis malam (19/10/17) kemarin.

    "Saya juga hadir dalam acara itu dan pak Kapolda Riau, tidak menyebutkan kata-kata yang menyinggung soal TNI. Saya yakin media yang membuat berita hoax itu jelas keliru dan tidak bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya yang juga sebagi Perwira Tinggi TNI ini. [red]



     
    Berita Lainnya :
  • Danrem, Kapolda & Kabinda Riau klarifikasi berita provokatif
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Jum’at Barokah
    Tim Jum’at Barokah Polresta Pekanbaru Dua Rumah Warga
    2 Dituding Lecehkan Advokat,
    Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau, Sugeng Riyanta: Itu Halusinasi
    3 Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI)
    Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) Cabang Riau Taja Acara Worksop
    4 PN PAYAKUMBUH
    Vonis Mati untuk Pembunuh Juru Parkir
    5 Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia
    Ini Kegiatan Hari Kedua Raja Salman di Indonesia
    6 Danrem: Saya Langsung Telpon Pak Kapolda
    Danrem, Kapolda & Kabinda Riau klarifikasi berita provokatif
    7 SK CPNS
    Bupati Rohil Serahkan SK CPNS Ke Alumni STTD
    8 Korupsi Disdik Rohil
    Sidang Korupsi Disdik, Jaksa Hadirkan 31 Saksi di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.
    9 Perayaan Valentine Day
    Dikecam, Ciuman Massal ala PNS Nias Selatan
    10 POLEMIK PEMBERHENTIAN SEMENTARA
    Parmusi: Ahok Harus Diberhentikan agar Presiden Tidak Terperosok
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. GEMA PESISIR PERS, All Rights Reserved