www.gemapesisir.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 18 Oktober 2019
 
RAJA SAUDI MULAI LAWATAN KE ASIA
Raja Salman di Kuala Lumpur Malaysia Disambut dengan Karpet Merah
Selasa, 28-02-2017 - 08:32:32 WIB
Raja Salman dan delegasinya tiba Ahad di Kompleks Bunga Raya di Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk kunjungan kenegaraan empat hari ke Malaysia
TERKAIT:
 
 

KUALA LUMPUR, GEMAPESISIT. com – Penyambutan dengan sukacita dengan membentang karpet merah menandai dimulainya lawatan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al-Saud di Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad kemarin.

Raja Salman dan delegasinya tiba Ahad di Kompleks Bunga Raya di Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk kunjungan kenegaraan empat hari ke Malaysia. Ini adalah kunjungan kenegaraan pertama Raja Salman ke Malaysia sejak naik tahta pada tahun 2015.

Kemudian di malam harinya, Raja Salman dijamu makan malam dan mengadakan pembicaraan  di Istana Negara (Istana Raja) dengan Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V.

Pada Senin ini, Raja Salman  menghadiri penandatanganan beberapa perjanjian dan nota kesepahaman.

Kemudian di malam hari, Raja diharapkan untuk mengunjungi Universitas Malaya, di mana ia akan diberikan gelar doktor kehormatan.

Perusahaan minyak negara Malaysia Petroliam Nasional Bhd (Petronas) dan Saudi Aramco akan menandatangani perjanjian pada Selasa untuk berkolaborasi di Kilang Malaysia dan Petrochemical Integrated Development (RAPID) proyek.

"Investasi Arab Saudi di Malaysia diperkirakan akan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan dan kami bangga bahwa perusahaan Malaysia telah dipilih untuk melaksanakan proyek-proyek di beberapa lokasi yang paling bergengsi di Arab Saudi," kata Najib dalam pernyataannya, Jumat.

Dia menggambarkan kunjungan Raja Salman ke Malaysia sebagai penting untuk lebih meningkatkan hubungan Arab-Malaysia berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati, mencatat bahwa itu akan menjadi contoh yang bagus untuk Islam dan negara-negara lain di dunia.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Kantor Berita Nasional Malaysia, "Kami bangga hubungan ini, yang menandai betapa  Kerajaan Arab Saudi dan Malaysia bekerja sama erat untuk melayani negara Islam."

Raja Salman juga berencana untuk mengunjungi Indonesia, Brunei, Jepang, Cina, Maladewa dan Yordania "untuk bertemu dengan para pemimpin negara-negara guna membahas hubungan bilateral dan isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama," kata sebuah pernyataan Royal Court.

Setelah Malaysia, Raja diharapkan untuk melakukan perjalanan ke Jakarta dan Bali di Indonesia dari 01-09 Maret, diikuti dengan perjalanan ke Jepang dari 12-14 Maret.

Raja Salman diharapkan untuk menghabiskan dua minggu terakhir bulan Maret berlibur di Maladewa.

Delegasi resmi yang menyertai Raja termasuk Menteri Urusan Islam Sheikh Saleh Al-Asheikh, Menteri Negara dan Anggota Kabinet Ibrahim Al-Assaf, Menteri Ekonomi dan Perencanaan Adel Fakeih, Menteri Kebudayaan dan Informasi Adel Al-Turaifi, Menteri Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral Khalid Al-Falih, Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Ali Al-Ghafis, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Nizar Madani dan sejumlah pejabat.

SEJAK 1961
Hubungan  Malaysia dan Arab Saudi sudah terjalin sejak awal 1960-an dan hubungan diplomatik kedua negara didasarkan pada pemahaman dan saling menghormati terjalin pada pertengahan 1961 dengan pembukaan Kedutaan Saudi di Kuala Lumpur dan Kedutaan Besar Malaysia di Jeddah.

Kunjungan pertama ke Malaysia dilakukan  oleh almarhum Raja Faisal pada tahun 1970.

Almarhum Raja Abdullah mengunjungi Malaysia pada Januari 2006.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Raja Al-Mu’tasim Bi’llah Muhib Eldine Mu’azem Shah telah melawat ke Kerajaan Saudi.

Sebagai perpanjangan dari kerjasama militer antara kedua negara, Malaysia berpartisipasi dalam pasukan koalisi untuk mengembalikan legitimasi di Yaman. Hal ini juga mengambil bagian dalam manuver  dalam aliansi militer Islam melawan terorisme.

Arab Saudi dan Malaysia telah menandatangani beberapa perjanjian dan nota kesepahaman di bidang militer, pendidikan dan pariwisata.

Hal menonjol di antaranya adalah nota kesepahaman untuk kerjasama di bidang ilmiah, teknis dan industri untuk keperluan pertahanan nasional, kesepakatan antara Universitas Islam Madinah dan Universitas Sains Malaysia (USM) memperkuat hubungan ilmiah dan pendidikan antara kedua universitas, perjanjian kerjasama antara Universitas Taibah dan University of Technology, Malaysia, nota kesepahaman untuk kerjasama di bidang pariwisata antara kedua negara.(saudi gazette/zar)



 
Berita Lainnya :
  • Raja Salman di Kuala Lumpur Malaysia Disambut dengan Karpet Merah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Jum’at Barokah
    Tim Jum’at Barokah Polresta Pekanbaru Dua Rumah Warga
    2 Dituding Lecehkan Advokat,
    Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau, Sugeng Riyanta: Itu Halusinasi
    3 Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI)
    Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) Cabang Riau Taja Acara Worksop
    4 PN PAYAKUMBUH
    Vonis Mati untuk Pembunuh Juru Parkir
    5 Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia
    Ini Kegiatan Hari Kedua Raja Salman di Indonesia
    6 Danrem: Saya Langsung Telpon Pak Kapolda
    Danrem, Kapolda & Kabinda Riau klarifikasi berita provokatif
    7 SK CPNS
    Bupati Rohil Serahkan SK CPNS Ke Alumni STTD
    8 Korupsi Disdik Rohil
    Sidang Korupsi Disdik, Jaksa Hadirkan 31 Saksi di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.
    9 Perayaan Valentine Day
    Dikecam, Ciuman Massal ala PNS Nias Selatan
    10 POLEMIK PEMBERHENTIAN SEMENTARA
    Parmusi: Ahok Harus Diberhentikan agar Presiden Tidak Terperosok
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2017 PT. GEMA PESISIR PERS, All Rights Reserved