www.gemapesisir.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 18 Oktober 2019
 
Mahasiswa Teknik Elektro (Untag)
Mahasiswa ini Ciptakan Sistem Monitoring Gardu Induk Listrik
Rabu, 22-02-2017 - 06:18:17 WIB

SURABAYA, GEMAPESISIR. com - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya M Hadi Purnomo menciptakan sebuah sistem Monitoring Pengawatan Tripping Coil dan Suhu Kontak guna mengantisipasi terjadinya gangguan alam yang dapat mempengaruhi aliran listrik.

"Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sangat rawan terhadap gangguan alam yang dapat mempengaruhi kinerja PLN dalam melayani penyaluran tenaga listrik," katanya di kampus setempat, baru-baru ini.

Selain itu, gangguan itu juga dapat merusak peralatan listrik pelanggan maupun untuk menghindari terdapat seperangkat sistem proteksi yang berguna untuk melindunginya, seperti sistem proteksi Kubikel 20Kv.

"Salah satu bagian dari kubikel 20Kv itu adalah Pemutus Tenaga (PMT) yang berfungsi sebagai penggerak mekanis operasional aliran tenaga listrik. Selain itu berfungsi melepas sirkuit ketika ada gangguan hubung singkat mencegah pemadaman yang lebih luas," ucapnya.

Dia menjelaskan, kendala PMT feeder, yakni gagal trip ketika rele proteksi telah mengirimkan perintah trip sehingga menyebabkan PMT incoming feeder trip yang berakibat pada pemadaman lebih luas.

Selain itu, kontak PMT juga tidak dapat dilihat untuk mengetahui kondisi kontak PMT sehingga dapat menimbulkan panas dan mengakibatkan kerusakan pada PMT.

"Alat monitoring yang saya kembangkan ini dapat mengamankan gangguan hubungan singkat pada saluran tenaga listrik," ujarnya.

Komponen alat yang dikembangkan dengan biaya Rp4 juta sampai Rp5 juta ini di dalamnya terdapat perangkat seperti sensor tegangan, sensor suhu LM35, sistem minimum mikrokontroler Arduino Mega 2560, penampil LCD Karakter 20x4, indikasi audio dan visual.

Mikrokontroler berguna untuk mengolah data masukan digital dari optocoupler melalui port Digital input dan analog (mV) dari sensor LM35. "Kemudian dikoversikan mikrokontroler dan ditampilkan dalam bentuk derajat Celcius pada LCD Karakter 20x4 serta keluaran indikasi audio dan visual," katanya. (r12/oz)




 
OPINI
wanita single sengsara.
Wanita Muslim yang Masih Single, Ayooo....Baca Ini Yuk!
Makanan Berbahaya
Waspada! 4 Jenis Makanan Ini Bisa Membunuh Anda
Mahasiswa Teknik Elektro (Untag)
Mahasiswa ini Ciptakan Sistem Monitoring Gardu Induk Listrik
 
Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
© 2017 PT. GEMA PESISIR PERS, All Rights Reserved